Tentang Teknologi Informasi

TI alias Teknologi Informasi sudah mendarah daging bagi sebagian besar manusia di muka bumi ini. Setiap hari kita juga tau begitu banyak orang yang menggunakan barang-barang berbasis teknologi informasi, juga tidak sedikit lagi yang ikut serta memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Berbagai bidang saat ini sering kali selalu dikaitkan dengan teknologi informasi. Entah bagaimana caranya seolah-olah kehidupan manusia menjadi miskin tanpa adanya teknologi informasi. Ditinjau dari segi produk berbasis teknologi informasi yang merupakan hasil dari pembelajaran dan pengembangan ilmu teknologi informasi itu sendiri, rasanya tidak berlebihan jika kita menyebut teknologi informasi ilmu yang terus update se-per sekian detik menjadi salah satu faktor penting berkembangnya kemajuan jaman. Pernahkah anda membayangkan kehidupan normal tanpa adanya teknologi informasi ?? bisa jadi kiamat manusia akan kalang kabut menyelesaikan permasalahan-permasalahan hidup mereka yang sejauh ini sudah terbukti teknologi informasi berhasil jadi kunci jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi. Saya pribadi coba learning by browsing dan berhasil nemu sekutip artikel tentang teknologi informasi, check this one di bawah ini, semoga bermanfaat bagi readers yang sudah mampir ke blog ini🙂

Teknologi Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:

  • lebih cepat
  • lebih luas sebarannya, dan
  • lebih lama penyimpanannya.

Agar lebih mudah memahaminya mari kita lihat perkembangan di bidang teknologi informasi. Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

sumber kopas

One thought on “Tentang Teknologi Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s