Selamatkan Dirimu dan Pasanganmu

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia. Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus(atau disingkat HIV) yaitu virus yang menurunkan kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

AIDS adalah salah satu penyakit yang menular. Namun penularannya tak semudah seperti virus influenza atau virus-virus lainnya. Virus HIV dapat hidup di seluruh cairan tubuh manusia, akan tetapi yang mempunyai kemampuan untuk menularkan kepada orang lain hanya HIV yang berada dalam : darah, cairan vagina dan sperma.

penularan HIV atau AIDS yang diketahui adalah melalui:

  • Transfusi darah dari pengidap HIV
  • Berhubungan seks dengan pengidap HIV
  • Sebagian kecil (25-30%) ibu hamil pengidap HIV kepada janinnya
  • Alat suntik atau jarum suntik/alat tatoo/tindik yang dipakai bersama dengan penderita HIV atau AIDS
  • Air susu ibu pengidap AIDS kepada anak susuannya

Sedikit hasil blogwalking yang kreatif seputar tips untuk menanggulangi AIDS dimulai dari diri sendiri,

Bagaimana Terhindar dari Bahaya AIDS?
A
nda tidak melakukan Seks kecuali dengan suami/istri Anda
Berlaku Sehat dengan TIDAK menggunakan Narkoba

Cegah dengan berkumpul dan beraktivitas bersama orang-orang yang positif [ikut pengajian rutin, klub olahraga, klub enterpreuner, dll]
Dorong pemerintah untuk melakukan penertiban [atau pembasmian?] Bandar Narkoba dan Lokasi Seks Bebas

ambil dari sini

Semoga dengan ilmu serta pemahaman yang benar seputar penyakit berbahya ini kita bisa selalu berhati-hati dengan menjaga segala sikap – aktifitas hidup kita, agar bisa senantiasa menjadi hamba-NYA yang terhindar jauh dari HIV AIDS. Juga tentunya bagi keluarga dan orang-orang tercinta sekitar kita. *AMIEN.. Jika sadar dan takut terkena penyakit yang mengerikan ini, mulailah dengan menyayangi diri anda dan orang disekitar anda. Berusahalah untuk menyeimbangkan aktifitas hidup yang normal, tidak bertindak asusila atau melakukan tindakan buruk yang berada diluar konteks norma yang sudah ada😉

Refrensi : Berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s